Minggu, 10 Januari 2010

TEKNOLOGI TERBARU

TEKNOLOGI TERBARU


Perkembangan teknologi terbaru yang berubah sangat cepat dewasa ini disebabkan oleh berbagai faktor yang sangat memengaruhi perkembangan di bidang ilmu pengetahuan lainnya,termasuk di dalamnya adanya dampak perkembangan di bidang teknologi terbaru yang sangat cepat sehingga mendekatkan jarak antara belahan bumi yang ada di dunia ini.

Akibat dari perubahan teknologi yang begitu cepat telah memengaruhi aktivitas bisnis yang pada umumnya berhubungan erat dengan kemjuan teknologi tersebut,hal ini disebabkan oleh beberapa factor yang mengakibatkan hal-hal berikut:

1. Perkembangan komunikasi yang berubah sangat pesat
2. Banyakan penggunaan sistem yang digunakan dapat secara otomatis
3. Teknologi akan mendorong Indonesia untuk menjadi pemain atau berperan dalam dunia pasar global.

Dalam era globalisasin yang didukung oleh perubahan yang cepat di bidang teknologi terbaru maka akan mempengaruhi juga kebijakan perbankan di bidang pengelolaan,kerana jika tidak terjadi penyesuaian maka teknologi yang bersangkutan akan tenggelam dalam era persaingan yang juga semakin ketat saat ini.

INTERNET

Banyakan sebutan yang dberikan oleh para penggunanya antara lain cyber,e-world,Dunia may, dan sebagainya. Semua itu hanyalah sekedar istilah. Sebenarnya tidak ada definisi khusus mengenai internet,ataupun kepanjangan dari kata internet karena internet bukan suata singkatan.
Sebagai gambaran umum,internet adalah suatu jarigan computer global terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terbubung ke jarigan tersebut.

Jumlah sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti, karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.

Karena perkembangannya sangat pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang berkembang dan dikenal sebagai konsep internetworking. Oleh karena itu istilah internet menjadi semakin popular, dan orang menyebut jaringan besar komputer tersebut dengan istilah internet.

Dimana semua orang di indonseia dapat saling berhubungan walaupun dari daerah yang berbeda. Begitu juga dengan komputer, yang terdiri dari berbagai macam jenis dan sistem. Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi,maka dibutuhkan suatui protocol atau suatu standar komputer baik antar komputer maupun antar jaringan komputer.

Tidak seluruh komputer yang terhubung pada jaringan internet ini secara fisik terkoneksi pada satu jaringan. Jika kita lihat kembali dari definisi,jaringan internet terbentuk dari jaringan-jaringan lain yang membentuk suatu jaringan komputer yang sangat besar. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut dilakukan dengan menggunakan router atau gateway di setiap jaringan

Router ini yang menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain, dan juga berfungsi untuk memisahkan paket informasi tersebut jaringan lainya. Sehingga paket informasi yang hanya dibutuhkan untuk jaringan itu tidak akan keluar dari jaringan lokal, dan begitu pula sebaliknya paket informasi dari luar yang tidak ditujukan untuk komputer yang ada pada jaringan tidak akan diteruskan ke dalam jaringan lokal
















VOICE & VIDEO CALL
OVER WIFI

Seberapa sering anda menggunakan video call?
Mungkin tak sesering anda ber-SMS atau menggunakan panggulan suara. Pada awal mula 3G digelar, vedio caal atau fitur yang bisa mengajak anda berkomunikasi dengan bertatap muka langsung, digadang-gadang bakal menjadi trend baru. Tapi sepertinya tidak begitu.

Padahal soal tarif,komunikasi video call yang menggunakan jalur 3G ini sudah tak lagi diistimewakan alias sama dengan tarif komunikasi suara. Mungkin karena jaringan 3G-nya masih belang-bentong tak merata disemua kota.

Tapi jangan kuatir, sekarang video call tak Cuma bisa dinikmati lewat layanan operator, anda bisa mengandalkan aplikasi Fring. Video call versi Fring ini bisa lebih hemat karena bisa mengandalkan jalur internet via 3G yang tarifnya dihitung per kb juga WIFI.

Enaknya lagi, video call ini bisa digunakan berinteraksi dengan teman atau saudara yang berasal dari luar negeri. Bukan hanya video call, voice call pun bisa. Tarifnya tetap per kb atau jika mau yang gratisan pakai WIFI yang gratis.

Untuk sementara ini, aplikasi Fring dengan fitur video call baru tersedia untuk ponsel berbasis iPhone dan Symbian 5th edition yang memiliki dua kamera seperti Nokia 5800,N97,N97 Mini dll. Bagaiaman cara menggunakannya, ikuti langkah berikut.

1. Download aplikasi Fring
Fring bisa anda dapatkan via mobile site ( download langsung ke ponsel ) di http://m.fring.com atau www.fring.com.

2. Buat akun Fring, begitu anda aktifkan aplikasinya anda akan disodorkan dua
Pilihan “New User” dan “Log in”, pili “New User” apabila anda belum memiliki akun Fring. Jangan lupa, agak teman anda untuk menggunakan layanan Fring, karena baik video call maupun voice call hanya bisa digunakan sesame pengguna Fring.

3. Nah, setelah selesai silahkan anda masukkan kontak Fring lainnya, misalnya
Teman anda. Caranya, dari tampilan utama tekan “option”>”Manage Buddies”>”Add new buddy”. Kemudian tekan “Other” (bukan list dari ohonebook), lalu tulis nickname atau identitas Fring teman anda dan klik ”Add”.

4. Ini contoh kontak Fring dengan nama “bergut”.
Sekarang Anda bisa menggunakan fasilitas free call atau telepon gratisnya. Tinggal pilih kontah Fring teman Anda lalu tekan logo “call” dan pilih “Fring” atau “video call”. Ingat, video call hanya bisa digunakan jika anda berada di lingkungan jaringan 3G atau WiFi. Tapi jika hanya dijangkau oleh GPRS Anda hanya bisa menggunakan fasilitas “Fring Call” (panggilan suara).



Voice & Video Call layanan Skype

Layanan Fring ini sebetulnya bisa anda gunakan sebagai jembatan ke layanan messaging lainnya seperti Yahoo, Google Talk, AIM dan Skype. Khusus Skype, Anda bisa menikmati layanan voice call dan video call ke sesama pengguna Skype.

Layanan ini tidak hanya bisa menghubungi pengguna Skype yang online dengan aplikasi Fring tetapi bisa juga menghubungi pengguna Skype yang online via PC. Cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Mendaftar ke layanan Skype

Layanan pertama Anda harus punya akun Skype agar bisa menikmati layanannya. Daftar saja via situsnya di www.skype.com

2. Ajak teman-teman anda untuk ikutan skype. Sebab layanan video call ini hanya bisa digunakan sesama pengguna skype.
3. Masukkan kontak atau teman anda yang sesama pengguna skype. Nah ini contah komunikasi video call menggunakan Fring ke pengguna skype yang menggunakan PC.
Komunikasi alternatif ini bisa lebih murah ketimbang komunikasi suara konvensional terutama jika anda menghubungi teman anda yang berada di luar negeri. Tapi soal kualitas tergantung dari kualitas jaringan internet (GPRS, 3G) di daerah Anda. Biar lebih mumpuni, sebaiknya digunakan pada jalur WiFi syukur-syukur jaringan WiFi-nya gratisan jadi tambah hemat kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar