Sabtu, 06 Maret 2010

TUGAS B.INDONESIA

TUGAS B.INDONESIA

Jurusan : system computer
Judul : saklar peka cahaya


Latar belakang masalah

Listrik merupakan energi yang digunakan untuk menghidupkan berbagai macam alat elektronik termasuk lampu. Apabila seorang pemilik rumah yang sedang keluar rumah dan membiarkan lampu rumahnya tetap menyala siang dan malm. Kejadian ini merupakan pemboronsan energi listrik dan apabila seseorang lupa untuk menutup rapat pintu lemari es,hal itu dapat mengurangi suhu dalam lemari es tersesut. Untuk mengatas hal diatas diperlukan sebuah alat,yang dapat mengatasi kejadian diatas diperlukannya sebuah alat yaitu saklar otomatis.

Mempermudah pekerjaan kita dengan tidak menganggu kegiatan yang lalinya.yaitu dengan menggunakan alat saklar peka cahaya ini, karena alat ini membantu kita menyalakan dan mematikan lampu rumah yang ditinggal pergi pemiliknya.


Kemjuan dalam bidang elektronika sekarang ini sudah banyak yang dapat membantu kita untuk dapat melakukan sesuatu pekerja tanpa meninggalkan pekerjaan yang lainnya. Oleh karena itu kita memerlukan suatu yang alat dapat bekerja dengan sendirinya atau otomatis. Salah satu conyohnya adalah saklar otomatis.


Saklar otomatis ini terdiri dari sensor cahaya,pemicu,saklar dan lampu (output). Sensor cahaya ini bekerja berdasarkan intentsitas cahaya yang diterima. Lau dari sensor cahaya diterskan kerangkaian saklar dan digunakan mengurangi tegangan yang berlebihan yang melwati rangakian selanjutnya. Lalu pada saklar digunakan untuk mengendalikan arus DC yang bertegangan tinggi gunanya untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar